4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat AC di ruangan kurang dingin.

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat AC di ruangan kurang dingin.

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat AC di ruangan kurang dingin.

Halo para pencari dingin,
Saat menyalakan AC atau pendingin udara, terkadang kamu ingin segera merasakan kesejukan yang diberikan dari sebuah AC di rumahmu, terlebih saat kondisi begitu gerah dan panas.
Namun, tak jarang AC yang kamu nyalakan seringkali membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mendinginkan sebuah ruangan, sehingga bisa saja membuatmu merasa jengkel karena hal itu.

Oleh karena itu, kamu mungkin jadi menduga bahwa AC yang lama dingin menandakan ada yang rusak, padahal itu belum tentu benar.

1. Kondisi begitu panas
Jika kondisi atau cuaca di luar rumah begitu panas dan masuk ke dalam rumah, hal itu akan membutuhkan waktu lebih lama bagi AC yang kamu punya untuk bisa mendinginkan ruangan di rumahmu.
Kondisi seperti ini adalah sesuatu yang mau tak mau harus kamu hadapi, dan itu mungkin tidak berarti ada yang salah dengan AC milikmu.
Namun, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meringankan kesabaranmu. Sebagai contoh, atur waktu AC untuk menyala sendiri saat jam-jam kondisi panas berlangsung atau sebelum kamu pulang ke rumah.
Dengan begitu, kamu tidak perlu menunggu lama sampai rumah menjadi dingin.

2. Filter kotor
Mungkin saja kamu sedang menghadapi masalah yang cukup sederhana untuk dipecahkan. Filter udara yang kotor akan dengan mudah menghambat udara bergerak melalui sistem AC.
Semuanya tersumbat dengan cukup debu dan kotoran untuk mencegah jumlah aliran udara yang kamu butuhkan agar tetap dingin. Kamu tetap harus membersihkan filter udara setiap 1 atau 2 bulan sekali, jadi cobalah langkah ini sebelum menghubungi teknisi jika waktu pendinginan tampak begitu lama.

3. Faktor lingkungan di rumah
Ada juga kemungkinan rumahmu berkontribusi pada inefisiensi, sehingga AC milikmu lebih sulit untuk mendinginkan ruangan.

Saat menggunakan AC di sebuah ruangan, kamu harus menutup semua saluran udara atau ventilasi agar udara yang dihembuskan AC teperangkap di ruangan tersebut dan ruangan dapat menyimpan dingin udara.

4. PK AC tidak sesuai dengan luas ruangan
Kesalahan umum yang dilakukan orang saat membeli AC adalah berdasarkan budget dan bukan berdasarkan kebutuhan ruangan. Sesuaikan PK (Paard Kracht) atau tenaga kuda AC dengan ruangan.
PK merupakan besaran tenaga yang dibutuhkan AC untuk mendinginkan sebuah ruangan. Besaran PK tergantung pada jenis AC dan kebutuhan ruangan.
Oleh karena itu, jika PK AC yang kamu miliki tidak sesuai dengan luas ruangan, maka jangan heran hal itu membuat AC terasa begitu lama untuk mendinginkan udara. AC ukuran 1 PK biasanya cukup untuk mendinginkan sebuah ruangan sebesar 50 meter persegi atau ruangan yang memiliki panjang 5 meter, lebar 4 meter, dan tinggi 2,5 meter. Terakhir, AC kamu mungkin memerlukan perbaikan yang hanya dapat ditangani oleh teknisi AC profesional. Ada beberapa alasan mengapa AC membutuhkan waktu terlalu lama untuk mendinginkan ruangan di rumah, seperti di bawah ini.

Tingkat refrigeran yang rendah dan menunjukkan adanya kebocoran.
Masalah dengan motor kipas atau blower.
Kotoran melapisi kumparan sehingga AC yang kamu miliki di rumah cukup lama mendinginkan sebuah ruangan.

Demikian semoga info ini bermanfaat dan jika ada kebutuhan layanan AC silahkan bisa hub CS kami.

Salam,
Cv. Servindo Tehnik

Leave a Reply

Close Menu
WhatsApp us